Home I  Tentang Kami I  Fasilitas  I  Berita  I  Prestasi  I  Karir  I  Event  I  Testimoni  I  Download  I  Link Terkait  
 
 
Visitor :   415807
  Informasi Pendaftaran : Jln. Pegangsaan Dua Km. 3,5 - Kelapa Gading, Yayasan No.Telp : (021)4605050/4612554, TK No.Telp : (021)46826447  
 
 
Tjandra

Kami ucapkan selamat kepada SMP Santo Yakobus Jakarta Utara atas prestasi peringkat 1 OSN IPA dan peringkat  harapan 3 OSN IPS  tingkat S

Tjandra Irawan Tendi

Kami sebagai orang tua dari Gregorius Tendi siswa SD St Yakobus Kelapa Gading mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen sekolah ( Ketua Yaya

 
 
 
News Category :
 
Kamis, 20 April 2017
SD SANTO YAKOBUS : WISATA ROHANI [menjemput ‘panggilan’]

Tempat dan tujuan karyawisata adalah biasanya mengunjungi tempat – tempat dengan panorama indah atau berkaitan dengan  ilmu pengetahuan (museum, pabrik, tempat wisata anak), namun pada tahun ini SD Santo Yakobus mengadakan karyawisata rohani . Para peserta didik diajak berkunjung ke beberapa biara, seminari dan museum Katolik.

Peserta didik kelas I dan II pada hari yang berbeda (kelas I tanggal 20 Februari dan kelas II tanggal 28 April 2017) berwisata rohani ke Museum Katedral dan Museum Biara Suster Ursulin ‘Santa Maria’ Jakarta. Di dua tempat ini, para peserta didik kelas I dan II diajak untuk mengenal sejarah berdirinya gedung gereja Katedral dan berdirinya Ordo Ursulin di dunia, serta penjelasan tentang profil Santa Angela, pendiri ordo Ursulin.

 

Peserta didik juga diajak melihat benda – benda bersejarah yang berkaitan dengan atribut kelengkapan seorang biarawati pada zaman dahulu (pakaian, kerudung, dll) Di gedung gereja Katedral, oleh pemandu wisata, anak – anak dijelaskan mengenai nama dari patung – patung santo dan santa yang berdiri tegak menghias keindahan interior gereja Katedral Jakarta .

 

Peserta didik kelas  III pada hari Selasa, 2 Mei 2017 berwisata rohani ke Biara Kongregasi Gembala Baik ‘Santa Maria’ di Jatinegara, Jakarta Timur .  Disana mereka diajak berkeliling  biara, mengenal lebih dekat akan kegiatan dan kehidupan sehari – hari para suster Ordo RGS yang tinggal di biara Gembala Baik ini .  Selain itu para murid mendapat penjelasan tentang karya dan misi dari kongregasi RGS di Indonesia dan seluruh dunia .

 

Tanggal 26 April 2017, kelas IV mendapat giliran untuk berwisata rohani ke Seminari Tinggi / Komunitas Xaverian di Bintaro, Banten . Para murid disambut oleh 23 frater dan 1 orang pastor, yaitu Pastor Angelo, SX . Pastor Angelo menjelaskan bahwa ordo Xaverian adalah sebuah serikat misi. Di seminari ini para frater dididik untuk siap menjadi seorang pastor yang sekaligus seorang misionaris . Anak-anak kelas IV kelihatan merasa senang berkeliling di area seminari yang indah dan sejuk ini . Mereka diajak berkeliling melihat ruang tidur frater, ruang belajar, ruang makan, kapel, ruang olahraga, dan lain – lain . Selain itu para frater juga mengajak peserta didik  ini bernyanyi dan bermain bersama .

 

Kamis, 27 April 2017 menjadi hari yang penuh kenangan bagi peserta didik kelas V. Pada hari itu mereka dengan penuh semangat  berkunjung ke  Seminari Menengah Wacana Bhakti yang terletak di wilayah Pejaten, Pasarminggu, Jakarta Selatan.  Di kompleks Wacana Bhakti yang luas dan asri ini, mereka diajak berkeliling  menjelajah semua fasilitas yang ada. Ada ruang musik yang luas dengan alat musik yang lengkap, ruang – ruang kelas, hall olahraga, ruang tidur para seminaris, lapangan sepakbola, dan juga kapel. Para seminaris menggambarkan kehidupan mereka yang penuh warna. Mereka tidak hanya berdoa, tapi juga melakukan aktivitas lain yang menyenangkan, seperti  main bola, bermain musik, rekreasi bersama.  Semua aktivitas yang mereka lakukan berguna untuk mengembangkan bakat – bakat yang mereka miliki sekaligus membentuk pemimpin Gereja masa depan yang memiliki keunggulan, kompetensi, tanggung jawab, sikap terbuka, dan daya integratif dengan semangat pelayanan dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, sesuai Visi Misi mereka.

Adakah hal yang mengesan? Wahhhh........Puji Tuhan. Semoga, di masa yang akan datang, anak-anak ini benar – benar tinggal di seminari ini untuk belajar sungguh – sungguh, mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang gembala yang baik. Menjadi seorang pastor. [Maria Yosepha Du’a Donna].

 




-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-


Berita Lainnya :